PROPOSAL
PEMBANGUNAN RUANG KELAS
TAMAN KANAK -
KANAK INSAN SEJAHTERA
KP. RENGESAN DESA
CARINGIN KECAMATAN CARINGIN KABUPATEN GARUTTAHUN 2016
ERWIN WIDIANTO
YAYASAN
PELITA BANGSA GARUT
TK INSAN
SEJAHTERA
Kp. Rengesan
Desa Caringin Kec. Caringin Kab. Garut Provinsi Jawa Barat
|
Garut,
10 Februari 2016
|
|||
Nomor
|
:
|
421.1/03/TK-YPB/2016
|
Kepada:
|
Lampiran
|
:
|
1
( satu ) Berkas Proposal
|
Yth.
Gubernur Jawa Barat
|
Prihal
|
:
|
Permohonan
Bantuan Dana
|
Bagian
Dinas Pendidikan
Di
Bandung
|
Asalmu’alaikum
Wr.Wb
Semoga
segala aktivitas kita selalu ada dalam lindungan dan ridho Allah SWT, bersama
ini kami sampaikan untuk mengajukan permohonan bantuan dana untuk pembangunan
ruang kelas sebanyak 1 lokal dengan rincian sebagai mana terlampir :
1.
Proposal
Pembangunan Ruang Kelas
2.
Profil
Sekolah
3.
Data
Pendukung lainnya
Demikian
permohonan ini kami sampaikan, atas perhatian dan terkabulnya permohonan ini
kami ucapkan terimaksih.
Wasalamu’alaikum,
Wr.Wb.
Ketua Komite
Sekolah
Uyat Hidayat
|
Garut 10
Februari 2016
Kepala
Sekolah
Iin Karis
Iskandar
|
KATA
PENGANTAR
Puji
dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT.Bawah atas karunianya yang
dilimpahkan kepada kami, sehingga kami bisa menysun Proposal ini.Dan kami
ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan dorongan baik
moril maupun materil untuk kelangsungan pendikdikan di masa yang akan datang.Semoga
proposal ini dapat memenuhi harapan berbagai pihak terkait ( Staekholder )
serta mendapat perhatian dalam pelaksanaan kegiatan pembanguna di TK Insan
SejahteraAtas segala perhatian dan partisipasinya kami ucapkan terima kasih.
Garut,
10 Februari 2016
Tim
Penyusun
|
YAYASAN
PELITA BANGSA GARUT
TK INSAN
SEJAHTERA
Kp. Rengesan
Desa Caringin Kec. Caringin Kab. Garut Provinsi Jawa Barat
|
SUSUNAN PANITIA PENGELOLAAN
TAHUN 2016
Penasehat
|
:
|
Kepala UPTD Pendidikan Kec. Caringin
|
Penanggung Jawab
|
:
|
Kepala TK Insan Sejahtera
|
Pelaksana
|
:
|
Komite TK Insan Sejahtera
|
Ketua
|
:
|
Uyat Hidayat
|
Sekretaris
|
:
|
Rusman Efendi
|
Bendahara
|
:
|
Wita Ratna Suminar
|
Seksi – seksi
|
||
1) Konsumsi
|
:
|
Holid
|
2) Keamanan
|
:
|
Sutandi
|
3) Publikasi / Dokumentasi
|
:
|
Heri Maulana
|
Ketua
Uyat Hidayat
|
Garut, 10
Februari 2016
Sekretaris
Rusman
Efendi
|
|
Mengetahui
Kepala UPTD Pendidikan
Kecamatan Caringin
Otang, S.Pd.M.M.Si
NIP. 1967071711993011001
|
Penanggung
Jawab
Kepala
Sekolah
Iin Karis Iskadar
|
BAB I
PEDAHULUAN
1.1. Latar belakang
Keberhasilan pembangunan satu bangsaditentukan
terutama oleh keberadaan sumber daya manusia yang berkualitas, namun pendidikan
yang berkualitas bukan hal yang mudah dan sederhana untuk diimplementasikan
karena selain sipatnya yang komplek, dinamis dan konteksual, perlu upaya
penekananyang melibatkan pembentukan aspek kognitif, keterampilan bahkan pembentukan
diri seseorang secara konprehensif. .
Harapan tersebut, tersirat dan tersurat
dalam isi abadi yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945. Bahkan tujuan
pendidikan Nasional adalah mencerdaskan kehidupan bangsa kemudian disusul oleh UUD
No 2 tahun 1989 tentang sistem Pendidikan Nasional, diantaranya mengutarakan
Pendidikan Nasional bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan
mengembangkan manusi Indonesia yang seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan
bertakwa terhadap tuhan yang maha Esa dan budi pekerti luhur memiliki
pengetahuan dan keterampilan kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang
mantap dan mandiri, serta tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. Selain
itu Pendidikan Nasional juga harus menumbuhkan jiwa patriotik dan
kesetiakawanan sosial.Hal ini mengandung makna, bahwa perlu dikembangkan dan
menumbuhkan rasa percaya diri sendiri serta sikap prilaku yang inopatif dan kreatif.
Bergilirnya era reformasi yang kemudian
menjadi era nasional bermaksud menrefleksikan masyarakat mandiri madani yang
tidak lagi dualitas, melainkan terjadi penyatuan antara kepentingan masyarakat
dan kepentingan pemerintah.Terjadinya perubahan dari masyarakat dualitas menuju
masyarakat dengan kesadaran tunggal dapat diupayakan dengan strategi
structural, kultural, atau mobilitas sosial. Melihat kajian tersebut,
pendidikan merupakan wahana yang cocok bagi perkembangan strategi kultural yang
lebih menekankan pada perubahan cara berpikir dan perilaku individu, serta
membantu terjadinya orientasi kultural individu inklusif masyarakat.
Perubahan kebijakan dalam implementasi
pendidikan diperlukan optimalisasi sumber sumber yang beraneka ragam dengan
pemberdayaan sekolah dalam menuju kemandirian dan keunggulan. Namun yang lebih
penting adalah pemahaman dan kesiapan pengetahuan yang memadai tentang apa dan
bagaimana system baru.pola pikir perubahan ini, sejalan dengan isi Pendidikan
Nasonal yaitu pendidikan yang mengutamakan kemandirian menuju keunggulan untuk
meraih kemajuan dan kemakmuran berdasarkan nilai nilai pancasila. Kemandirian
dalam rumusan tersebut mengandung makna memiliki kemampuan utuk berpetran aktif
dalam tata hubungan sistematik dan sinergit pada sekala nasional maupun global.
Sekolah sebagai industri pedidikan,
merupakan wadah tempat proses pendidikan, memiliki system kompleks dan dinamis.
Dalam kegiatannya sekolah adalah tempat bukan haya tempat berkumpul Guru dan
Murid malainkan berada dalam satu tatanan system yang rumit dan saling
berkaitan, oleh karena itu perlu pengelolaan secara propesional. Lebih dari itu
kegiatan Organisasi sekolah adalah mengelola sumber daya manusia yang
berkualitas.
Berpihak pada berbagai kekuatan dan
kelemahan serta dengan mempertimbangkan kemauan keras, untuk senantiasa tumbuh
dan berkembang dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, baik itu secara
akademis maupun non akademis, maka sekolah dituntut untuk memiliki sarana dan
prasarana yang berkualitas dalam menunjang kegiatan belajar mengajar ( KBM ).
Namun Upaya utuk mencapai kearah yang
diinginkan perlu adanya keterlibatan total
dari semua pihak yakni keluarga, Masyarakat dan pemerintah. Selain itu
perlu, mencermati beberapa kendala yang cukup kompleks, diantaranya dana yang
diperlukan masih kurang, sarana dan prasarana yang belum memadai serta sumber
daya manusia yang belum mencukupi. Untuk menanggulangi kendala tersebut,
sekolah telah berupaya mengoftimalkan kemampuan yang ada.Namun upaya – upaya
yang telah dilakukan belum membuahkan hasil yang maksimal.
Proposal ini untuk mendapatkan Bantuan
Ruang Kelas Baru melalui Gubernur Jawa Barat Bagian Pendidikan yang peduli
tentang dunia Pendidikan untuk meningkatkan kegiatan Belajar Mengajar di Taman
Kanak – Kanak Insan Sejahtera Kp. Rengesan Desa Caringin Kecamatan Caringin
Kabupaten Garut Profinsi Jawa Barat.
1.2. Visi dan Misi Strategi Sekolah
a.
Visi
TK Insan sejahtera “ menjadi sekolah
panutan masyarakat yang cerdas, takwa dan budi pekerti luhur “
b.
Misi
sekolah
1.
Menyiapkan
generasi yang unggul yang memiliki potensi di bidang IMTAQ dan IMTEK
2.
Membentuk
sumber daya manusia yang aktif, kreatif, inovatif sesuai dengan perkembangan
jaman
3.
Membangun
citra sekolah sebagai mitra terpercaya di masyarakat
c.
Setrategi
Sekolah
1.
Penataan
kelembagaan yang sesuai dengan harapan dan perkembangan Zaman
2.
Meningkatkan
proses belajar mengajar
3.
Meningkatkan
kualitas pendidikan dan tenaga pendidikan
4.
Meningkatkan
propesionalismekinerja pendidik dan tenaga kependidikan
1.3.
Dasar
Pemikiran
Yang menjadi dasar pemikiran rencana tersebut diatas
adalah sebagai berikut ;
1.
Sarana
yang kurang memadai dan kondisinya sangan memprihatinkan sehingga dikhawatirkan
terjadi hal hal yang tidak diharapkan
2.
Masyarakat
mempunyai kewajiban dan tanggung jawab terhadap fisik bangunan asset pemerintah
yang ada .
1.4.
Tujuan
Permohonan usulan ini adalah untuk pembangunan ruang
kelas baru ( RKB ) dan kantor
1.5. Ukuran
bangunan
Bangunan
TK Insan Sejahtra yang akan di bangun berukuran panjang 7 meter dan lebar 6
meter.
1.6. waktu
pelaksanaan
Pelaksanaan
pembangunan TK Insan Sejahtraakan dimulai sekitar bulan Juni 2016. Dan jika
memungkinkan akan lebih dipercepat.
1.7. Anggaran
biaya
Jumlah
anggaran direncanakan sekitar rp. 199.410.000,- ( seratus sembilan puluh
sembilan juta empat ratus sepuluh ribu rupiah ). Rab terlampir.
1.8. Penyaluran
Sumbangan
Sumbangan dapat dilakukan melalui :
1.
Diserahkan langsung kepada panitia
pembangunan TK Insan Sejahtra, Kp. Rengesan Rt.01 Rw. 05 Desa Caringin Kecamatan
Caringin Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat Dengan Menghubungi Panitia
Ketua
|
:
|
UyatHidayat (082317282776)
|
Sekretaris
|
:
|
Rusman Efendi (085794436999)
|
Bendahara
|
:
|
Wita Ratna Suminar (082131328121)
|
2.
Transfer Melalui Rekening :
Bank
BJB
No
Rekening : 0018030853100
Atas
nama : Wita Ratna Suminar Panitia Pembangunan TK Insan Sejahtra
1.9. Penutup
Demikian proposal ini dibuat sebagai bahan
pertimbangan Bapak, Dengan Harapan semoga rencana Pembangunan TK Kami mendapat
ridho dari allah SWT dan Mendapat dukungan dari semua pihak..
LAMPIRAN – LAMPIRAN
|
PANITIA PEMBANGUNAN TK INSAN SEJAHTRA
Kp. Rengesan Rt. 01 Rw. 05 Desa
Caringin Kecamatan Caringin Kabupaten Garut
|
No
|
Uraian
|
Volume
|
Satuan
|
Harga
satuan (Rp.)
|
Jumlah
(Rp.)
|
Ket
|
||||
1.
|
PEKERJAAN
PERSIAPAN
|
|||||||||
1. Pembongkaran
Bangunan Lama
|
1
|
Bidang
|
5.00.000
|
5.00.000
|
||||||
2. Urugan
Peralatan Lahan
|
1
|
Bidang
|
3.00.000
|
3.00.000
|
||||||
3. Urugan
Tanah Sisa Galian
|
20
|
M3
|
4.00.000
|
4.00.000
|
||||||
4. Urugan
Pasir Bawah
|
9
|
M3
|
2.00.000
|
2.00.000
|
||||||
Jumlah
I
|
1.400.000
|
|||||||||
II.
|
PEKERJAAN
BATU
|
|||||||||
1. Semen
|
250
|
Zak
|
75.000
|
18.750.000
|
||||||
2. Pasir
Gali
|
20
|
M3
|
125.000
|
2.500.000
|
||||||
3. Pasir
Cor
|
10
|
M3
|
275.000
|
2.750.000
|
||||||
4. Batu
Belah
|
10
|
M3
|
150.000
|
1.500.000
|
||||||
5. Batu
Bata
|
8.000
|
Buah
|
800
|
6.400.000
|
||||||
6. Batu
Seprit
|
2
|
M3
|
250.000
|
500.000
|
||||||
7. Keramik
Lantai
|
5
|
Buah
|
65.000
|
325.000
|
||||||
Jumlah
II
|
32.725.000
|
|||||||||
III
|
PEKERJAAN
KAYU
|
|||||||||
1. Kayu
Jati Kusen
|
3
|
M3
|
6.000.000
|
18.000.000
|
||||||
2. Kayu
Pelapon
|
25
|
M3
|
35.000
|
875.000
|
||||||
3. Papan
Cor
|
1
|
M3
|
100.000
|
100.000
|
||||||
4. Bahan
Pintu dan Jendela
|
1
|
M3
|
6.000.000
|
6.000.000
|
||||||
5. Kayu
Balek
|
2
|
M3
|
3.000.000
|
6.000.000
|
||||||
6. Kayu
Gardeng
|
1
|
M3
|
3.000.000
|
3.000.000
|
||||||
7. Kayu
Kaso
|
3
|
M3
|
65.000
|
195.000
|
||||||
8. Kayu
Rispang
|
1
|
M3
|
3.000.000
|
3.000.000
|
||||||
9. GRC
|
20
|
Buah
|
65.000
|
1.300.000
|
||||||
Jumlah
III
|
38.470.000
|
|||||||||
IV.
|
PEKERJAAN
BESI, KAYU, KACA, DLL
|
|||||||||
1. Besi
12 mm
|
30
|
Batang
|
80.000
|
2.400.000
|
||||||
2. Besi
10 mm
|
70
|
Batang
|
65.000
|
4.550.000
|
||||||
3. Besi
8 mm
|
50
|
Batang
|
45.000
|
2.250.000
|
||||||
4. Besi
6 mm
|
40
|
Batang
|
25.000
|
1.000.000
|
||||||
5. Kawat
tali
|
10
|
Kg
|
18.000
|
180.000
|
||||||
6. Paku
campur
|
50
|
Kg
|
12.000
|
600.000
|
||||||
7. Engsel
kecil
|
5
|
Buah
|
15.000
|
75.000
|
||||||
8. Engsel
besar
|
3
|
Buah
|
50.000
|
150.000
|
||||||
9.
Kunci Besar
|
2
|
Buah
|
250.000
|
500.000
|
||||||
10.
Kunci Kecil
|
2
|
Buah
|
100.000
|
200.000
|
||||||
11.
Grandel
|
6
|
Buah
|
20.000
|
120.000
|
||||||
12.
Kaca 5 mm 40 x 60 Cm
|
8
|
Lembar
|
75.000
|
600.000
|
||||||
13.
Pagar
|
10
|
Buah
|
1.200.000
|
12.000.000
|
||||||
14. Pintu
Besi
|
1
|
Buah
|
3.000.000
|
3.000.000
|
||||||
Jumlah
V
|
27.625.000
|
|||||||||
No
|
Uraian
|
Volume
|
Satuan
|
Harga
satuan (Rp.)
|
Jumlah
(Rp.)
|
Ket
|
V.
|
PEKERJAAN
PELESTERAN
|
|||||
1. Lem
Kayu
|
1
|
Dus
|
120.000
|
120.000
|
||
2. Cat
Pintu
|
4
|
Kg
|
30.000
|
120.000
|
||
3. Cat
Watang Kaca
|
4
|
Kg
|
30.000
|
120.000
|
||
4.
Glas Blok
|
16
|
Dus
|
120.000
|
1.920.000
|
||
5. Cat
Tembok
|
60
|
Kg
|
25.000
|
1.500.000
|
||
6. Cat
Kusen
|
8
|
Kg
|
45.000
|
360.000
|
||
7. Impra
Plamir
|
15
|
Kg
|
60.000
|
900.000
|
||
8. Plamir
|
25
|
Kg
|
30.000
|
750.000
|
||
Jumlah
VI
|
5.790.000
|
|||||
VI.
|
PEKERJAAN
LAIN-LAIN
|
|||||
1. Pemasangan
Listrik PLN
|
1
|
Paket
|
1.200.000
|
1.200.000
|
||
2. Instalasi
Listrik
|
1
|
Paket
|
1.000.000
|
1.000.000
|
||
3. Upah
Tukang
|
600
|
Hok
|
80.000
|
48.000.000
|
||
4. Upah
Laden
|
1.200
|
Hok
|
60.000
|
72.000.000
|
||
5. Konsumsi
|
50
|
Hari
|
500.000
|
25.000.000
|
||
6. Papan
Nama
|
1
|
Unit
|
1.000.000
|
1.000.000
|
||
7. Pengeluaran
Tak Terduga
|
1
|
Paket
|
10.000.000
|
10.000.000
|
||
Jumlah
VII
|
93.400.000
|
|||||
JUMLAH
I,II,III,IV,V,VI,
|
199.410.000
|
|||||
Terbilang :.
|
Garut, 10 Februari2016
|
||
PANITIA PEMBANGUNAN TK INSAN SEJAHTRA
|
||
Ketua,
(Uyat
Hidayat)
|
Bendahara,
(Wita
Ratna Suminar)
|
TK INSAN SEJAHTRA
jika ingin mendownload dokumennya silahkan downloadd disini
0 komentar:
Posting Komentar